Hiperaktivitas Part 2, Bagaimana dengan Pengaruh Gadget?
Pada laman sebelumnya yaitu mengenai "Hiperaktivitas Pada Anak, Ada kemungkinan Kekurangan Kalsium (defisiensi kalsium), sudah kita bahas kemungkinan kekurangan mineral terutama kalsium dapat mengakibatkan hiperaktivitas pada anak yang berasal dari dalam tubuh. Sedikit kita flashback, hiperaktivitas pada anak adalah kondisi dimana anak tidak bisa diam atau bahkan sulit untuk fokus terhadap sesuatu. Untuk membedakan anak yang superaktif dan hiperaktivitas itu bisa dilihat dari kemampuannya untuk melakukan berbagai aktivitasnya sehari-hari.
Timbul pertanyaan, bagaimana dengan pengaruh dari lingkungan luar semisal penggunakan gadget apakah ikut mempengaruhi aktivitas atau perhatian anak? yukk mari kita bahas satu persatu.
Gadget adalah suatu perangkat atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih, bisa untuk mengunduh informasi-informasi dengan fitur yang terbaru. Di dunia ini sebanyak 72 % anak sudah menggunakan perangkat mobile seperti samrtphone, ipod, tablet dan lain sebagainya sejak tahun 2013, dimana anak dibawah 2 tahun sudah diberikan smartphone sebagai teman bermainnya.
Perlu diketahui dalam dunia anak, ada yang disebut dengan Golden Periode. Golden periode yaitu periode lima tahun pertama pada anak yang sering disebut juga sebagai window oppurtunity, atau critical periode. Golden Periode itu sendiri merupakan masa pertumbuhan keemasan pada anak yang terjadi satu kali dalam kehidupan. Yang terjadi pada masa ini adalah dimana otak sedang berkembang dengan pesat, sebagian sel-sel otak berfungsi sebagai pengendali aktivitas dan kualitas anak. Anak-anak merespon dengan cepat dan mempelajari hal baru disekitar lingkungannya. Dalam periode ini merupakan periode yang kondusif dalam menumbuh kembangkan berbagai macam kemampuan, kecerdasan, bakat, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosio-emosional dan spiritual. Karekter baik sikap, perilaku dan kepribadian juga tumbuh dalam periode ini yang akan berguna untuk masa depan anak.
Realitanya saat ini, banyak sekali orang tua yang tidak memahami mengenai pentingnya masa golden periode pada anak. Selain itu juga orang tua tidak menyadari bagaimana pola asuh yang diterapkan kepada anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak kedepannya. Banyak sekali orang tua yang memberikan anaknya (3-6 th) gadget dengan alasan agar tidak rewel, tenang dan diam.
Meningkatnya jumlah penggunaan gadget ini sebanding dengan meningkatnya angka kecanduan gadget pada anak. Peningkatan tersebut mengakibatkan prevalensi resiko ganggungan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas pada anak. Karena kecanduan gadget itu sendiri mengakibatkan pelepasan hormon dopamin yang berlebihan sehingga terjadi penurunan kematangan pre frontal cortex (PFC) (Paturel, 2014). Jika anak diberikan smartphone/ gadget, kemudian diperuntukkan untuk nonton atau bermain game online secara terus menerus selama 10 hari, menurut penelitian akan meningkatkan koordinasi motorik dan kemampuan deteksi objek yang menyerupai gejala GPPH (gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas). GPPH ini juga terkait dengan gangguan kejiwaan, gangguan perkembangan seperti gangguan menentang, gangguan perilaku, gangguan kecemasan, gangguan depresi, dan gangguan bicara dan belajar (American Phychiatric Association, 2013). Dampak yang lain juga dari GPPH ini seperti gangguan interaksi sosial, kesulitan dalam hubungan interpersonal, rasa percaya diri yang rendah.
Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa, berbagai banyak penelitian mengatakan bahwa kecanduan gadget dapat mempengaruhi perkembangan otak anak karena produksi hormone dopamin yang berlebihan menggangu kematangan fungsi prefrontal cortex yaitu mengontrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan dan lain sebagainya. Bukannya tidak diperbolehkan sama sekali dalam hal penggunaan gadget ini, tetapi alangkah lebih baik penggunaan gadget pada anak dibatasi waktu bermain gadgetnya dan dikontrol. Lebih baik alihkan perhatian anak ke yang lain seperti aktivitas diluar rumah semisal jalan-jalan, olahraga, bermain musik dan banyak kegiatan positif lainnya.
No comments